Jul 13, 2008

Klasifikasi Pegawai IT

Beberapa waktu kerja di perusahaan yang mempunyai koneksi banyak dan memberikan layanan kepada customer, memberikan saya cukup banyak pengalaman, dan berkenalan dengan orang-orang di luar sana. Perkenalan saya dengan banyak orang membuat saya berpikir, bahwa memang ada semacam klasifikasi orang-orang yang bekerja di bidang IT. Berikut akan saya coba paparkan klasifikasi pekerja IT menurut pandangan saya, terurut dari starta terendah (menurut pandangan saya, dan pandangan saya berdasarkan pada penampilan dan cara bicara)
1. Network Infrastructure Setup
-> Pekerjaan : Bertugas men-setup infrastruktur jaringan komputer secara fisik. Kegiatan yang dilakukan oleh strata ini tidak jauh dari ngulur kabel, masuk ke lubang-lubang sempit di dalam gedung, atau memanjat tower atau genteng orang dan crimping kabel.
-> Sistem Operasi Dikuasai : Windows basic.
2. Network System Setup
- Pekerjaan : Kelompok ini mempunyai pekerjaan men-setting hal-hal yang berhubungan dengan service local, seperti routing, dhcp, dsb yang berada pada site.
-> Sistem Operasi Dikuasai : Mikrotik (biasanya cukup advance), Linux Basic, Windows Basic.
3. Server Setup
-> Pekerjaan : Server Setup adalah kelompok pekerja IT kantoran yang ada di strata paling bawah. Kelompok ini akan banyak berurusan dengan setting server untuk network baik local, intranet atau internet, dan pekerjaanya tidak jauh dari ./configure --prefix atau vi service.conf atau service daemon start
-> Sistem Operasi Dikuasai : Linux Middle, Windows Middle.
4. Programmer
-> Pekerjaan : Mengkodekan algoritma ke bahasa yang bisa dicerna oleh komputer. Tidak pernah jauh dari IDE, apapun sistem operasi yang digunakan. Kalau di Indonesia kelompok ini adalah kelompok yang paling susah, karena dia akan mengerjakan 2 pekerjaan yaitu Software Building dan Software Design secara teknis, masalahnya belum banyak perusahaan IT di Indonesia yang memberikan garis yang jelas mengenai pekerjaan programmer.
-> Sistem Operasi Dikuasi : Linux Advance, Windows Advance.
5. Software Analis atau Software Design
-> Pekerjaan : Memberikan gambaran kepada programmer apa yang dibutuhkan oleh client. Biasanya pekerja IT dengan level ini adalah orang-orang lulusan S2 jurusan Informatika tetapi tidak pernah mengenyam pendidikan Teknik Informatika, malah kebanyakan di Management.
-> Sistem Operasi Dikuasai : Windows Basic, Mac OS Basic.
Anonymous said...

sebelumnya saya ucapkan salam kenal. mas/pak hendrawan. artikel yang mas tulis tentang klasfikasi pegawai IT cukup menarik dan membantu saya dalam menyelesaikan tugas akhir. saya mau tanya, kira2 mas punya materi atau sumber yang lebih lengkap tentang penjabaran klasifkasi IT gak ya? kalau ada saya mohon bantuannya saya dijinkan untuk meminta atau mengkopinya untuk nyicil tugas akhir saya.. sebelumnya terima kasih :)

www.ekosan.wordpress.com

NR Technology said...

koko -> Waduh... kasifikasi itu juga hanya sekedar pandangan saya. Jadi nggak ada literatur khusus, cuman pengalaman saya saja sebagai pekerja IT. Dulu........

Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search